19 February 2011

Depak Kalori dengan Kebiasaan Kecil Ini

(c) sheknows
Pada umumnya, siapapun rela melakukan cara apa saja agar dapat mengurangi kalori yang bersarang dalam tubuh mereka. Memang, tidak ada salahnya melakukan hal tersebut karena mengurangi jumlah kalori dalam tubuh berarti membuat hidup Anda semakin sehat.

Seperti yang kita tahu, kelebihan asupan kalori dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti obesitas, stroke, darah tinggi, serangan jantung, hingga kanker.

Namun, tahukah Anda apa yang harus Anda lakukan untuk dapat mengurangi jumlah kalori dalam tubuh? Perlukah perubahan besar dalam pola makan, olahraga dan aktivitas lainnya?

Calm down
Tak perlu berpikir seekstrim itu. Perubahan positif dalam berbagai aspek terutama kesehatan memang tak dapat dihindari, seperti mengatur jenis makanan yang Anda konsumsi serta mengontrol aktivitas Anda sehari-hari. Namun, perlu Anda sadari bahwa perubahan-perubahan kecil pada diet Anda pun tidak bisa dianggap enteng. Justru perubahan kecil yang seringkali luput dari perhatian Anda inilah yang nantinya berdampak besar memuluskan jalan Anda mengurangi jumlah kalori dalam tubuh.

Seperti apakah perubahan kecil tersebut?

Sesuai apa yang disarankan oleh American Dietetic Association, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan mulai saat ini:

Small is beautiful!
Gunakan piring atau mangkuk kecil saat makan. Hal ini membantu Anda secara psikologis. Dengan menggunakan ukuran kecil, maka secara otomatis Anda akan terstimulasi untuk mengonsumsi makanan dengan porsi lebih sedikit dari biasanya.

Begitu juga saat Anda minum, tuangkan minuman, selain air putih, ke dalam gelas kecil.

Pelan tapi pasti
Jangan terburu-buru saat Anda makan. Menurut para ahli, seseorang yang mampu memperlambat proses makan akan mengonsumsi 70 kalori lebih rendah dari mereka yang makan dengan cepat.

Sajikan dengan tepat
Saat Anda ingin menyantap makanan, sajikan makanan tersebut di atas piring, jangan menyantap makanan dari kardus makanan atau semacamnya. Selain terlihat lebih menarik dan sopan, Anda pun akan lebih mudah mengontrol cara makan Anda.

Pilih minuman yang tepat
Tidak hanya makanan yang memiliki kadar kalori tinggi, minuman pun ada pula yang demikian, misalnya coffee blended yang dipenuhi whipped cream, atau milkshake. Kurangi konsumsi minuman berkalori tinggi dan pilihlah minuman yang lebih sehat. Dalam hal ini, air putih adalah pilihan tepat bagi kesehatan Anda.

Tak perlu ribet melakukan perubahan demi hidup sehat yang lebih baik bukan? Karena hal kecil yang Anda lakukan akan memiliki dampak luar biasa jika dilakukan secara berkelanjutan.

Source: KapanLagi.com

No comments:

Post a Comment